Select Page

Seperti yang diketahui bersama bahwa membangun tim sukes adalah faktor penentu dalam membuat kandidat caleg dari salah satu partai politik bisa mendulang suara yang banyak.

Dengan menjaring jumlah suara banyak tentunya akan memuluskan kemenangan menjadi wakil rakyat terpilih. Sebaliknya jika kualitas tim sukses kedodoran pastinya akan membuat kerugian waktu, tenaga dan uang bagi caleg yang bersangkutan, Kalah pemilu lagi. Komplit sudah!

Oleh sebab itu penting adanya untuk bisa mengelola tim sukses secara maksimal agar diharapkan dengan memiliki kelompok kerja yang bekerja keras dan solid tentu akan membuahkan hasil manis.

Dari sebuah pemaparan seorang pengamat politik, guna mewujudkan apa yang sudah direncanakan secara matang, tentunya seorang pemimpin (caleg) harus berfokus dalam membentuk tim yang tiap individunya memiliki karakter disiplin, kreatif, strategis, proaktid dan optimis.

Manfaat utama yang diperoleh sang pemimpin jika memiliki tim sukses yang efektif tentuya sangat membantu dalam berfokus untuk penyelesaian hal strategis lainnya yang lebih penting.

Jadi gak heran kan kalau seorang kandidat caleh hendaknya mampu untuk menempatkan individu yang memiliki loyalitas, antusias, motivasi tinggi dan selalu berjuang keras merampungkan semua tanggungjawab masing-masing.

Untuk itu, setidaknya ada beberapa tips sederhana namun penting berikut ini yang sebaiknya diimplementasikan dalam membuat tim sukses yang hebat.

  1. Seorang pemimpin harus mematok tujuan utama tim suksesnya, selanjutnya memberi motivasi sembari mindset bahwa yang terpenting adalah menjadikan setiap program yang direncanakan berjalan sukses.
  2. Kemudian tim sukses sendiri sudah harus memiliki tujuan yang spesifik, konsisten, terdefinisi baik serta terukur agar bisa dicapai maksimal.
  3. Setiap orang yang tergabung dalam tim sukses wajib memiliki komitmen bersama untuk menjalankan tanggungjawab dengan total, hati-hati dengan anggota tim yang gak produktif.
  4. Pemimpin pun dituntut harus bisa memilah karakter yang diperlukan dari banyak pribadi di sekitarnya yang bakal menjadi tim sukses sehingga dengan begitu bisa memahami potensi dan bakat masing-masing.
  5. Selain karakter, diperlukan juga adanya aturan, SOP atau kebijakan yang wajib dipauthi oleh seluruh tim sukses sebagai pilar utama dalam membentuk kinerja tim yang efektif sekaligus efisien.
  6. Selain itu masing-masing anggota tim juga diwajibkan sudah tahu mengenai peran dan fungsi mereka pribadi lepas pribadi sehingga dengan begitu bisa berfokus dalam menyelesaikan strategi rencana dalam bingkai keutuhan dan kekompakan sebagai tim kerja.
  7. Guna menjaga konsistensi sebaiknya dalam setiap tindakan tim sukses harus bertemu dengan pemimpinnya dan dari hasil yang dicapai selanjutnya menelaah setiap perkembangan baru yang menjadi program kerja yang disetujui semulurh pihak.
  8. Dalam sebuah tim, wajar jika ada perbedaan namun dari setiap beda pendapat tersebut seluruh anggota tim sukses haru salaing menghargasi dan pedulu sehingga tidak membuat konflik yang menjadi sumber perpecahan. Diperlukan sikap empati dan penuh kebesaran hati.
  9. Seorang kandidat caleg juga hendaknya memiliki intuisi yang membuat tindakan agar bisa memotivasi seluruh tim jadi bekerja dengan sepenuh hati dan pikiran yang tenang. Dengan begitu terjalin sebuah komunikasi positif antara pemimpin dengan anggota tim nya.
  10. Guna menjadi sistem pengawasan, tim sukses harus menyusun tabel program rencana kerja beserta seluruh instrumen tips diatas sebagai pemandi bagi tim untuk bisa menyelesaikan tugas dan kewajiban secara maksimal.

Demikianlah 10 tips penting yang harus diupayakan oleh seorang caleg parpol yang nantinya akan membentuk tim kerja sebagai upaya untuk pemenangan bagi dirinya di kancah politik.